15 May 2018

Kaum Takfiri

~~~
Saya sempat membayangkan, negara Indonesia ini akan seperti Afganistan dan atau Irak pada saatnya. Di mana akan ada bom bunuh diri, dan negara ini tak lagi aman untuk dihuni.
Pikiran saya didasarkan pada beberapa pikiran, pertama, ada sebagian muslim yang ada di Indonesia jelas telah berideologi takfiri. Mereka menganggap umat yang 'tidak seakidah' sebagai kafir, dan pada level tertentu disaat mereka merasa dikucilkan, mereka pun berfikir bahwa mereka hidup di lingkungan yang tidak aman. Karena itu jihad perang menjadi penting. Salah satu caranya adalah bom bunuh diri


Kedua, kelompok yang berideologi takfiri ini tidak sedikit. Mereka punya sekolah, perkumpulan dan jaringan internasional. Kelompok ini biasa memasok mujahidin di Afganistan, Irak, Suriah, Yaman, Fipina dan beberapa negara konflik. Kelompok yang terkenal di internasional namanya ISIS. Siapa dalang dibalik ISIS? Ya, kita sudah mengerti siapa yang bermain. Ini proyek ekonomi dan bisnis senjata internasional.

Ketiga, sebagian besar kaum takfiri adalah orang-orang yang tidak mendalami agama secara utuh. Ajaran agama dipahami secara sepotong dan hanya dikaitkan dengan 'jihad' yang bermakna perang (qital). Kaum takfiri biasa melihat segala sesuatunya dengan hitam-putih, Islam-kafir, teman-musuh, dan serba puritan. Cara berfikir hitam putih ini yang menyebabkan kelompok ini gampang diperalat oleh kepentingan politik dan bisnis yang menipu.
Keempat, kelompok ini berkembang dengan dendam yang berlipat karena aparat negara kadang tidak memanusiakan mereka saat ditangkap dan saat dipenjara. Tidak ada sistem hukum yang fair. Keyakinan bahwa negara adalah syetan (thoqut) semakin menancap pada hati dan pikiran mereka. Cara pemberantasan terorisme yang membabi buta, akan mempertebal keyakinan mereka tentang kesesatan negara.
Adakah kaitan kelompok takfiri ini dengan bom tiga gereja di Surabaya? Pasti ada. Sebab kelompok ini selalu menganggap yang 'tidak seakidah' sebagai musuh. Bahkan, orang Islam yang tidak sejalan dengan 'akidah' mereka pun biasa dimusuhi. Bahkan saya masih ingat, pada maulid Nabi tahun lalu, jaringan kelompok ini menembak kaum muslimin di sebuah masjid di Mesir. Sekitar 305 orang meninggal kala itu.
Akibat kaum takfiri dan segala proyek internasional yang menyertainya ini, masa depan umat manusia sungguh tidak menentu. Kebodohan dan pembodohan menyeruak dari segala sisi.

0 comments:

Post a Comment