23 August 2018

Gambar Neraka

~~ M. Syafi'ie
Tiba-tiba anak cerita, "Yah, hidup di neraka itu kejam ya. Ada orang yang buncit perutnya, isinya nanah. Ada orang digergaji. Ada orang yang merokok, tapi rokoknya dari api, mengerikan sekali. Kejam sekali."

"Kamu tahu dari mana Nak, soal neraka?" Tanya saya. "Saya baca buku gambar milik teman di sekolah. Judulnya, "Pedihnya Siksa Neraka dan Indahnya Surga," jawab Zahra. "Terus kamu baca cerita indahnya surga? Tanya saya. "Tidak. Soalnya tidak ada gambarnya. Buku itu sudah lecek-lecek, milik teman saya di sekolah" jawab Zahra yang menggebu-gebu.

Setelah perbincangan, tergambar wajah pucat pasi anak saya. Tutur dan mimik tubuhnya ketakutan membayangkan neraka. Saya cuma bisa menghiburnya, "Nak, hari libur minggu ini kita ke toko buku Togamas, Social Agency atau Gramedia ya. Di sana banyak buku bagus. Tapi buku bergambar yang kamu ceritakan tadi sulit ditemukan. Soalnya buku gambar neraka itu hanya ada di toko loak, dan gambarnya fiksi belaka. Tukang gambarnya pasti belum ke neraka kan. Dia hanya mengkhayal."
Zahra hanya mengiyakan. Kayaknya dia juga masih penasaran dengan surga. Kalau digambar, pasti ada cerita 'pesta' yang pernah dikhayalkan salah seorang ustads yang pernah rame di televisi itu.
x

0 comments:

Post a Comment