22 December 2014

Selamat Hari Ibu

~~

Selamat hari Ibu, kawan sekalian. Sebagai seorang ayah dari anak kecilku, aku rela memberi segala rasa hormat pada sosok Ibu. Ia adalah pribadi yg paling dekat dg anak2, mungkin bisa dikatakan : ibu adalah wajah masa depan anak2. Kepribadian dan pengetahuan ibu sangat berdampak pada kepribadian anak2.

Dalam pikiran sederhana : memperbaiki masa depan dunia adl memikirkan kembali kualitas para Ibu, baik pikiran, kesehatan dan perannya dlm struktur sosial.

Untuk kualitas pikiran, layak digagas pendidikan buat para Ibu. Asupan2 pengetahuan ttg dunia anak dan gagasan perubahan sosial penting utk di share didiskusikan.

Untuk kesehatan, layak dipikirkan kembali bagaimana skema jaminan kesehatan diperuntukkan kepada para ibu. Data kematian ibu saat melahirkan msh teramat besar. Dan banyak anak lahir dan hidup dg kondisi memprihatinkan akibat dari kemiskinan dan ketiadaan akses kesehatan.

Dalam struktur sosial, para Ibu sangat layak diberi ruang yg setara dg para bapak. Bukan saatnya lagi peran para ibu hanya di dapur dan dinomorduakan dlm pengambilan kebijakan sosial. Mungkin sebab itu, wajah sosial saat ini adl wajah laki-laki dan tak ramah utk konstruksi keadilan gender.

Ada banyak hal yg perlu dipikir ulang terkait perayaan hari Ibu kaitannya dg ragam persoalan kontemporer. Setiap org pasti punya pengalaman dg sosok ibu, setiap org lahir dr rahimnya. Saat ini, perayaan hari Ibu msh banyak yg termaknai secara personal. Padahal lebih dari itu, perayaan ini layak menjadi momentum utk pergerakan dan perubahan sosial

0 comments:

Post a Comment