21 December 2015

Selamat Hari HAM

10 Desember. Dunia memperingatinya sebagai Hari HAM. Hari sebagai bagian dari deklarasi pentingnya penghormatan terhadap harkat dan martabat manusia. Hari yang selalu jadi pengingat bahwa negara sebagai pemangku otoritas memiliki tanggungjawab untuk menghormati, melindungi dan memenuhi hak asasi setiap orang tanpa pembedaan apapun.
Jack Donnely menyebut HAM sebagai hak-hak yang dimiliki manusia semata-mata karena ia manusia. Umat manusia memilikinya bukan karena diberikan kepadanya oleh masyarakat atau berdasarkan hukum positif. Melainkan semata-mata berdasarkan martabatnya sebagai manusia.

Manusia memiliki kedalaman batin yang tak terhingga, pikiran dan keunikan tubuhnya. Pengetahuan terus berkembang sebab manusia. Semua itu merupakan karunia Allah semata. Imam Ali As-Sajjad mengatakan, manusia ialah mutiara penciptaan dan kebanggaan alam semesta. Keberadaan manusia telah membuat jagad raya menjadi indah dan penuh arti. Setiap sudut bumi menjadi terang dengan pancaran cahaya akal dan logika manusia. Manusia sebagai makhluk yang paling mulia telah menampilkan ciptaan dengan indah.
Selamat hari HAM. Semoga dunia semakin beradab. Tata kelola negara semoga semakin memanusiakan manusia. Umat manusia saling menghormati akan perbedaannya. Amien

0 comments:

Post a Comment