21 December 2015

Tegas Pada Diri Sendiri

Tegas pada diri sendiri. Tugas itu tak mudah. Setiap orang terbiasa memegang pada kebenarannya sendiri-sendiri; pada egonya masing-masing, hingga tak mampu menangkap kebenaran dan kepentingan kemanusiaan yang lebih besar dari sekedar memenangkan diri dan kelompok. Kesombongan searah dengan sikap yang tertutup dan cara pandang yang eksklusif.

Al-Ghazali pernah bilang, "Tidak ada yang lebih dekat dengan engkau kecuali dirimu sendiri. Jika engkau tidak mengenal dirimu, mana mungkin engkau akan mengenal orang lain dan akan memperbaiki mereka?"
Ali bin Thalib juga bertutur, "Hai manusia, penawar penyakit pada dirimu ada dalam dirimu sendiri. Engkau tidak melihat penawar itu. Rasa sakitmu juga berasal dari dirimu tapi engkau tidak menyadarinya. Engkau ibarat buku alam semesta dan jika engkau menyelami dirimu dengan teliti, maka sebagian besar hakikat akan nampak. Apakah engkau mengira bahwa dirimu hanya sebuah benda kecil di alam semesta? Padahal dalam dirimu terdapat sebuah alam besar."
Persoalan memang banyak yang muncul akibat hal-hal eksternal dan luaran, tapi permasalahan internal juga tidak kalah besar dan memicu permasalahan yang yang tak berkesudahan

0 comments:

Post a Comment