21 December 2015

Konflik Agama lagi

Konflik agama kembali berulang. Ada banyak korban terkena dampaknya. Beberapa hari ini yang ramai terjadi di Aceh Singkil. Sekitar 4.409 warga Kabupaten Aceh Singkil mengungsi ke daerah Tapanuli Tengah dan Pakpak Bharat, Sumatra Utara.

Peristiwa di Aceh sangat disayangkan. Sama halnya dengan peristiwa konflik kegamaan di Tolikara Papua, Sampang Madura, Cikeusik Jawa Barat dan beberapa tempat lainnya. Banyak korban yang terdampak. Konflik agama menjadi kritik terhadap keberadaan agama sendiri, betulkah ajaran agama dapat menuntut penganutnya untuk berbuat toleran dan damai? Konflik juga mempertanyakan keberadaan dan peran negara, di mana para polisi dan pemerintah di tengah konflik-konflik itu?
Apa yang terjadi di Aceh Singkil, sebenarnya bersumber dari persoalan-persoalan lama : ideologi pemerintah yang tak jelas, cara pandang pemerintah daerah yang tak lagi toleran, aparat keamanan tak lagi memegang janji untuk melindungi kelompok minoritas. Tahun 2013, saya sempat berkunjung ke Aceh meneliti konflik agama dan peran polisi. Konflik agama sudah terjadi di Singkil dan beberapa tempat di Aceh.

0 comments:

Post a Comment